Jumat, 09 Maret 2018

Menulis CV Tulis Tangan

Model CV – Curriculum Vitae atau sekiranya disingkat CV berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia berarti Daftar Riwayat hidup. Jikalau anda mengenal faktor-unsur apa saja dalam dalam CV yang patut dicantumkan di dalamnya, karenanya membuat CV tidaklah sesulit yang kita bayangkan.

Bagi Anda yang mau melamar profesi di suatu perusahaan atau instansi, hampir senantiasa akan memerlukan sebuah Daftar Riwayat Hidup. Selain surat lamaran profesi, Daftar Riwayat Hidup ini biasanya acap kali menjadi salah satu persyaratan totaliter yang diinginkan oleh sebuah perusahaan atau instansi yang membuka sebuah lowongan pekerjaan. Dengan adanya Daftar Riwayat Hidup ini maka pihak perusahaan akan mengenal riwayat perjalanan hidup si pelamar kerja. Bagus dari segi pendidikan, prestasi, pengalaman kerja, dan lain – lain.

contoh cv surat lamaran

Apabila Anda mengalami kesusahan untuk membuat atau sekadar membutuhkan referensi bagaimana cara membuat Daftar Riwayat Hidup ini, tulisan ini dapat jadi akan betul-betul menolong Anda. Dalam membentuk Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV) ini Anda dapat memakai sistem tulis tangan manual ataupun dengan cara diketik via media komputer. Bila Anda melamar profesi melalui e-mail maka Daftar Riwayat Hidup ini bisa Anda kirim dalam wujud word document (.doc). Baca : contoh surat resign

Cara Menulis CV Surat Lamaran yang benar

1. Info yang Benar
Berdasarkan Cherry Zulviyanti Riadi Lukman, chief consultant assessment di Experd Consultant, hendaknya Anda mengisi segala info kongkret yang benar tanpa direkayasa sedikitpun. Mulai dari data diri, latar belakang pengajaran, pengalaman kerja dan prestasi yang pernah diraih. \"Jangan kita paksakan misalnya harusnya umur telah tidak pantas dengan batas minimal perusahaan yang dituju tetapi bahkan memaksakan,\" ujarnya ketika dihubungi wolipop, Rabu (06/02/2013).

2. Lengkap & Padat
Cantumkan nama, domisili, status pernikahan, kemampuan-kesanggupan, latar belakang pendidikan dan juga kabar-info tambahan lainnya yang apabila dapat mendorong profil Anda di mata staf personalia atau user. Semisal pelatihan yang pernah ditiru, kursus atau pengalaman organisasi.

\"Yang pasti kita membuat tulisan Contoh CV itu singkat padat tapi bisa menjual diri kita. Nggak perlu bertele-tele yang penting dapat eye-catching,\" tutur wanita tamatan Universitas Padjajaran, Bandung, jurusan Psikologi ini.

3. Mudah Dibaca
Pastikan surat lamaran kerja Anda terorganisir dan gampang dibaca. Font artikel cukup besar agar HRD nyaman dan terang membacanya. Tiap-tiap alinea jangan terlalu panjang dan bertele-tele. Pastikan Anda menulis kalimat yang baik dan tak diulang-ulang.

4. Teliti Sebelum Mengirim
Sebelum mengirimkan CV dan surat lamaran, periksa lebih-lebih dulu inti sari Anda dan jangan sampai ada yang salah tulis. Apabila melamar profesi lewat email atau laman lowongan kerja, Anda juga perlu periksa ulang data-data di dalamnya. Baca : contoh surat izin

5. Sertakan Kabar Tambahan yang Mendukung
Sertakan pengalaman kerja atau kesanggupan yang layak dengan bidang pekerjaan. Contohnya Anda pernah mengikuti training jurnalistik sekiranya ingin melamar di perusahaan media, atau seminar manajemen. Dapat juga prestasi yang pernah diperoleh untuk menunjukkan keseriusan dalam melamar kerja.

\"Prestasi juga perlu ditulis seperti perlombaan nyanyi atau tulis saja. Nggak permasalahan, setidaknya cukup memasarkan CV itu. Itu cuma sebagai berita tambahan. Dengan demikian itu dapat diukur kejujuran kita. Kejujuran yang utama, keseriusan juga, itu yang dicari, prestasi cuma menjadi kabar tambahan,\" papar Cherry.

6. Maksimum Dua Halaman
Buat CV maksimum cuma dua halaman dan itu telah mencakup seluruh berita inti perihal Anda. Cuma profesional atau orang yang telah pernah mengendalikan jabatan tinggi, mempunyai segudang pengalaman yang sepatutnya dicantumkan sehingga butuh kertas lebih dari tiga lembar.

7. Subjek Jelas
Seandainya mengirim surat lamaran lewat e-mail, pastikan subjek yang Anda cantumkan terang (misalnya: \'CV marketing\' atau \'calon reporter\'). File attachment juga harus jelas, seperti \'lampiran portfolio\' atau \'contoh artikel\'.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

I. Data Pribadi

Nama : Aprilia Handayani
Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 9 Desember 1994
Jenis Kelamin : Perempuan
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Alamat : Jalan Kebon Agung 123, Mlati, Sleman, Yogyakarta
Nomor Handphone : 085666777888
E-mail : alumniniumaprilia@email.com

II. Riwayat Pendidikan

- FORMAL

Tahun 2000 – 2006 : SD Negeri 1 Mlati
Tahun 2006 – 2009 : SMP Negeri 2 Yogyakarta
Tahun 2009 – 2012 : SMK Negeri 1 Yogyakarta
Tahun 2012 – 2016 : Universitas Teknologi Yogyakarta (IPK 3,5)

- NON - FORMAL

Tahun 2013 : Pelatihan Pemrograman Java di Jakarta

III. Pengalaman Organisasi

- Ketua OSIS SMK N 1 Yogyakarta periode 2007 – 2008
- Sekretaris BEM UTY tahun 2014

IV. Keahlian Khusus

- Bahasa Inggris (Writing, Listening, Speaking)

- Pengelasan Besi (kanopi)

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Yogyakarta, 23 Desember 2016
Hormat saya,

(Aprilia Handayani)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar