Jumat, 09 Maret 2018

Download CV Word Doc

Contoh CV – Curriculum Vitae atau sekiranya disingkat CV berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia berarti Daftar Riwayat hidup. Jikalau anda mengetahui elemen-faktor apa saja dalam dalam CV yang wajib dicantumkan di dalamnya, karenanya membuat CV tidaklah sesulit yang kita bayangkan.

Bagi Anda yang mau melamar pekerjaan di suatu perusahaan atau instansi, hampir selalu akan membutuhkan sebuah Daftar Riwayat Hidup. Kecuali surat lamaran profesi, Daftar Riwayat Hidup ini biasanya sering menjadi salah satu prasyarat totaliter yang diinginkan oleh sebuah perusahaan atau instansi yang membuka sebuah lowongan profesi. Dengan adanya Daftar Riwayat Hidup ini maka pihak perusahaan akan mengetahui riwayat perjalanan hidup si pelamar kerja. Bagus dari segi pengajaran, prestasi, pengalaman kerja, dan lain – lain.

contoh cv surat lamaran

Apabila Anda mengalami kesulitan untuk membuat atau sekadar membutuhkan acuan bagaimana sistem membikin Daftar Riwayat Hidup ini, tulisan ini dapat jadi akan benar-benar menolong Anda. Dalam menyusun Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV) ini Anda dapat menggunakan cara tulis tangan manual ataupun dengan metode diketik lewat media komputer. Sekiranya Anda melamar profesi via surel karenanya Daftar Riwayat Hidup ini bisa Anda kirim dalam format word document (.doc). Baca : contoh surat resign

Sistem Menulis CV Surat Lamaran yang benar

1. Kabar yang Benar
Berdasarkan Cherry Zulviyanti Riadi Lukman, chief consultant assessment di Experd Consultant, hendaknya Anda mengisi segala kabar kongkret yang benar tanpa direkayasa sedikitpun. Mulai dari data diri, latar belakang pengajaran, pengalaman kerja dan prestasi yang pernah diraih. \"Jangan kita paksakan misalnya harusnya usia telah tak sesuai dengan batas minimal perusahaan yang dituju namun malahan memaksakan,\" ujarnya ketika dihubungi wolipop, Rabu (06/02/2013).

2. Lengkap & Padat
Cantumkan nama, alamat, status pernikahan, kemampuan-kemampuan, latar belakang pengajaran dan juga informasi-berita tambahan lainnya yang apabila dapat mendorong profil Anda di mata staf personalia atau user. Semisal pelatihan yang pernah dicontoh, kursus atau pengalaman organisasi.

\"Yang pasti kita membikin tulisan Contoh CV itu singkat padat namun dapat menjual diri kita. Nggak perlu bertele-tele yang penting bisa eye-catching,\" tutur wanita alumnus Universitas Padjajaran, Bandung, jurusan Psikologi ini.

3. Gampang Dibaca
Pastikan surat lamaran kerja Anda terorganisir dan gampang dibaca. Font tulisan cukup besar agar HRD nyaman dan terang membacanya. Tiap alinea jangan terlalu panjang dan bertele-tele. Pastikan Anda menulis kalimat yang bagus dan tidak diulang-ulang.

4. Teliti Sebelum Mengirim
Sebelum mengirimkan CV dan surat lamaran, periksa secara khusus dahulu rumusan Anda dan jangan hingga ada yang salah tulis. Sekiranya melamar profesi lewat e-mail atau website lowongan kerja, Anda juga perlu periksa ulang data-data di dalamnya. Baca : contoh surat izin

5. Sertakan Informasi Tambahan yang Mensupport
Sertakan pengalaman kerja atau kecakapan yang sesuai dengan bidang pekerjaan. Semisal Anda pernah meniru training jurnalistik kalau berkeinginan melamar di perusahaan media, atau seminar manajemen. Dapat juga prestasi yang pernah didapat untuk menunjukkan keseriusan dalam melamar kerja.

\"Prestasi juga perlu ditulis seperti pertandingan nyanyi atau tulis saja. Nggak problem, setidaknya cukup memasarkan CV itu. Itu hanya sebagai berita tambahan. Dengan semacam itu dapat diukur kejujuran kita. Kejujuran yang utama, keseriusan juga, itu yang dicari, prestasi cuma menjadi info tambahan,\" papar Cherry.

6. Maksimum Dua Halaman
Buat CV maksimum cuma dua halaman dan itu sudah meliputi seluruh isu inti perihal Anda. Hanya profesional atau orang yang telah pernah mengatur jabatan tinggi, mempunyai segudang pengalaman yang seharusnya dicantumkan sehingga butuh kertas lebih dari tiga lembar.

7. Subjek Terang
Kalau mengirim surat lamaran melewati email, pastikan subjek yang Anda cantumkan jelas (misalnya: \'CV marketing\' atau \'calon reporter\'). File attachment juga sepatutnya jelas, seperti \'lampiran portfolio\' atau \'teladan tulisan\'.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

I. Data Pribadi

Nama : Aprilia Handayani
Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 9 Desember 1994
Jenis Kelamin : Perempuan
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Alamat : Jalan Kebon Agung 123, Mlati, Sleman, Yogyakarta
Nomor Handphone : 085666777888
E-mail : alumniniumaprilia@email.com

II. Riwayat Pendidikan

- FORMAL

Tahun 2000 – 2006 : SD Negeri 1 Mlati
Tahun 2006 – 2009 : SMP Negeri 2 Yogyakarta
Tahun 2009 – 2012 : SMK Negeri 1 Yogyakarta
Tahun 2012 – 2016 : Universitas Teknologi Yogyakarta (IPK 3,5)

- NON - FORMAL

Tahun 2013 : Pelatihan Pemrograman Java di Jakarta

III. Pengalaman Organisasi

- Ketua OSIS SMK N 1 Yogyakarta periode 2007 – 2008
- Sekretaris BEM UTY tahun 2014

IV. Keahlian Khusus

- Bahasa Inggris (Writing, Listening, Speaking)

- Pengelasan Besi (kanopi)

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Yogyakarta, 23 Desember 2016
Hormat saya,

(Aprilia Handayani)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar